Pages

Pages

Rabu, 26 Maret 2014

Belajar Komputer: 7 Hal Dasar yang Harus Anda Ketahui

belajar komputerSaat komputer/ laptop Anda bermasalah, Anda hanya bisa minta bantuan teman atau malah ke tukang servis. Lalu Anda berpikir,”Andai saja saya tahu tentang utak atik komputer. Tapi bagaimana caranya belajar komputer? Harus mulai belajar dari apa?”
Itukah yang Anda alami?
Jika ya, Anda menemukan tempat yang tepat untuk belajar komputer. Di sini saya akan membantu Anda “menaklukkan” komputer Anda. Tidak ada hal-hal yang terlalu teoritis, rumit, dll seperti anak kuliahan. Anda hanya perlu hal-hal praktis untuk keperluan sehari-hari bukan? Itulah yang akan Anda dapatkan.

Inilah 7 hal dasar yang harus Anda ketahui untuk belajar komputer:

1. Komponen

Anda harus mengetahui komponen komputer. Harus tahu spesifikasi komputer Anda.
Selain itu Anda harus tahu apa fungsi masing-masing komponen komputer. Tidak perlu sampai komponen yang terlalu mendetail. Cukup beberapa komponen dasar saja seperti prosesorRAMhard drive, dan video card. Sedikit pengetahuan dasar tentang komponen tambahan yang sering dipakai juga akan membantu. Misalnya tentang keyboard, mouse, monitor, dll.

2. Desktop

Tiap kali menyalakan komputer, Anda akan menjumpai desktop. Jangan sepelekan desktop. Kenali desktopAnda. Ketahui fungsi-fungsi dasar yang ada di desktop.
Banyak trik dan tips desktop yang akan memudahkan pekerjaan Anda. Misalnya, membuat shortcut, membuat pinned programs, mengatur tampilan tray icon, memaksimalkan fungsi-fungsi pada start menu, dll.
Percayalah, Anda akan sangat terbantu dengan pengetahuan yang baik tentang desktop.

3. Software

Sampai pada tahap ini, Anda harus mempelajari langkah-langkah dasar penggunaan software. Misalnya saja, tentang menjalankan sebuah aplikasi, membuat dokumen baru, membuka dokumen yang sudah ada, menyimpan dokumen, dan mencetak dokumen.
Akan sangat berguna jika Anda mengetahui cara install dan cara uninstall software. Kedua hal ini adalah yang paling sering diabaikan. Kebanyakan orang hanya mau asal pakai. Tidak mau tahu cara “memasang” dan “mencopot” software. Akibatnya jika butuh sebuah software, mereka tidak tahu harus bagaimana, repot cari bantuan.
Belajar komputer akan sangat tidak lengkap tanpa mengetahui proses install dan uninstall. Ini adalah hal dasar.

4. Perawatan Komputer

Meskipun Anda menggunakan komputer dengan benar, tidak macam-macam, tidak pernah menancapkan flashdisk, pasti suatu saat Anda akan mengalami komputer lambat.
Penyebab komputer lambat ada bermacam-macam. Bisa karena terlalu banyak temporary file yang terbentuk, terlalu banyak start up application, hard drive terlalu penuh, virus, dll.
Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan komputer. Minimal adalah perawatan sistem.
Untuk perawatan hardware, saya sarankan agar Anda melakukan dengan hati-hati. Atau jika tidak yakin, serahkan tugas ini pada teknisi komputer. Jika Anda salah melakukan perawatan, hardware bisa saja rusak. Ingat, harga hardware komputer tidak murah.
Jika sistem komputer rusak, hardware belum tentu rusak. Dan untuk saat ini tarif servis sistem komputer yang rusak sekitar 50 ribu. Lain halnya dengan jika hardware rusak. Jika hardware rusak, kemungkinan besar komputer tidak bisa digunakan lagi. Biaya pembelian hardware juga bisa sampai ratusan ribu.

5. Tweaking

Mungkin meskipun telah dirawat secara rutin, tapi tetap saja komputer lambat. Jika demikian Anda dapat melakukan tweaking.
Dengan tweaking, kemampuan komputer bisa ditingkatkan dan disesuaikan dengan keinginan Anda.
Untuk tweaking, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti mengganti tema, suara, screen resolution, hingga ke tweaking konfigurasi yang lebih jauh lagi.

6. Virus Komputer

Cepat atau lambat, Anda pasti akan bertemu dengan virus komputer.
Oleh karena itu, Anda harus memiliki pengetahuan tentang antivirus yang baik. Pilihlah antivirus yang tepat. Ketahuilah fitur-fitur standar yang ada pada antivirus dan cara menghapus virus. Jangan sampai Anda menggunakan antivirus canggih tapi tidak tahu cara menggunakannya.

7. Troubleshooting

Ketika komputer Anda error, Anda harus mampu mengatasinya. Minimal untuk masalah-masalah komputer yang sering terjadi.
Jika terjadi masalah, jangan segera lari cari bantuan atau ke tempat servis. Cobalah berpikir kreatif, di mana masalah tersebut terjadi. Lalu pikirkan, kira-kira hal-hal apa saja yang berhubungan dengan bagian tersebut. Terus pikirkan dan persempit pemikiran Anda hingga menemukan akar masalahnya.
Setelah ketemu, cari solusinya. Untuk mencari solusinya, gunakan internet. Saya juga begitu. Setiap ada masalah komputer/ laptop, saya selalu lari ke internet dulu. Ketika sudah buntu, saya baru ke tempat servis.

Kuncinya adalah…

Belajar komputer harus berpikir kreatif. Seperti saya sebutkan di atas, jangan langsung berpikir minta bantuan orang lain. Jika suatu saat orang tersebut jauh dengan kita, lalu bagaimana? Anda akan kerepotan.
Sekarang ini banyak informasi bertebaran di internet. Manfaatkanlah internet. Sebagai contoh, tiga tahun terakhir ini saya sangat sering mengalami masalah komputer (soalnya saya suka iseng utak atik :D), tapi saya belum pernah ke tempat servis. Saya hanya berbekal internet saja. Jika komputer saya tidak bisa untuk internet, saya pinjam komputer teman untuk cari solusi masalah komputer saya.
Demikian tips-tips yang dapat saya berikan untuk belajar komputer. Anda punya saran lain tentang belajar komputer? Beritahukanlah. Mari kita sama-sama belajar.

Memperbaiki Flashdisk Write Protected, Error, Tidak Bisa di Format


Mendapati flashdisk /usb flashdisk write protected saat genting dan membutuhkan informasi didalam flashdisk segera? sering ditemui, baik pada flashdisk lama maupun baru. Setelah beberapa saat lalu minin share cara recovery foto dalam memory card sekarang silahkan simak cara memperbaiki flashdisk write protected, error dan tidak bisa diformat terjadi karena chip dalam flashdisk tidak lagi bekerja atau rusak untuk itu diperlukan beberapa langkah untuk memperbaikinya :
1. Setiap flashdisk memiliki informasi fisik seperti layaknya sepeda motor, cara mencarinya dengan mendownload file ini . Cari kode VID dan PID, alias ID Vendor dan ID Product flash disk pada aplikasi tersebut, jalankan saja dengan double klik usbview.exe.
2. Setelah Mendownload software usbviewer, silakan masukkan Flashdisk agan.
Setelah menjalankan aplikasi USB viewer, disini kita bisa melihat VID dan PID pada device connected, akan muncul beberapa Port, dan silakan menuju port yang mengidentitaskan flashdisk anda, misalnya USB Mass storage device disana kita akan menemukan VID maupun PID Flashdisk anda, rinciannya VID=ID Vendor | PID=ID Product.
List produk flashdisk berdasarkan VendorID disini
3. Isi data VID dan PID flash kita di kotak pencarian bertuliskan VID dan PID di website ini, copy pada VID ataupun PID pada flashdisk anda hanya 4 karakter dari belakang, seperti contoh diatas VID = 0×0951, yang anda copy hanya 0951 begitu juga denga PIDnya, setelah itu tinggal di PASTE di kotak pencarian VID maupun PID
4. Klik tombol yang bertuliskan “HANTN”,  akan muncul daftar nama flash disk dan detailnya, cari yang sesuaikan dengan flash disk.
5. Copy paste tulisan yang berada di kolom paling kanan, di baris yang sesuai dengan flash disk .Pastekan pada kotak search google di kanan atas website itu. usahakan mendapatkannya melalui Ultranet (contoh : SSS6690 USB Flash Sorting Ver V5.014 (UltraNet))
6. Muncul software yang harus didownload
7. Cara downloadnya klik tombol bawah artikel tersebut yang bertuliskan “CKaYaTb”, isi dan tekan tombol, lalu software akan didownload
8. Buka software, lalu flash disk anda akan langsung terdeteksi klik start
9. Nah, tunggu beberapa saat sampai flash disk normal kembali.

Software untuk recovery data/file pada memori hp, flashdisk maupun hardisk PC


Penyimpanan file ke  kartu memori(MMC,microSD,dll) n flash disk memang lebih instan bisa dibawa kemana-mana, namun terkadang kita lupa atau tak sengaja menghapus file penting didalamnya sehingga andapun jadi galau dikarenakanya, namun jangan terlalu khawatir sekarang sudah banyak software untuk mengembalikan data yang telang hilang/kehapus dibawah ini adalah beberapa contohnya:
 1. Recuva – File Recovery
Recuva  merupakan freeware Windows utility untuk mengembalikan file/data yang dengan sengaja atau tidak sengaja dihapus dari komputer termasuk memulihkan data yang sudah tidak ada lagi di recycle bin dan file yang terhapus pada flashdisk atau memory card kita. Recuva juga bisa mengembalikan file yang telah dihapus oleh bug, crash dan virus. Cara menggunakanya sangat mudah dan dilengkapi dengan preview untuk melihat file yang akan kita pulihkan misalnya pada jenis file gambar. Recuva juga masih satu produk dengan software CCleaner yang dibuat oleh Piriform yang telah banyak dipakai oleh pengguna komputer.  Software ini tersedia dalam dua versi, versi installer dan portable. Silahkan downloada Recuva langsung di website resminya.
Download Recuva: http://www.piriform.com/recuva/download/standard (3,26 MB)
Untuk yang versi portable:
http://www.piriform.com/recuva/download/portable
2. eSupport UndeletePlus
eSupport UndeletePlus adalah software recovery yang dengan cepat dapat memindai file/data terhapus dari komputer atau media penyimpanan. Sama halnya dengan Recuva, Undelete Plus juga didesain dengan tampilan yang mudah untuk digunakan. Beberapa fungsi ypada Undelete Plus meliputi;
- memulihkan dokumen, foto, video, musik dan email.
- cepat memulihkan file yang telah dikosongkan dari Recycle Bin.
- memulihkan file setelah kesalahan partisi hard drive.
- memulihkan file setelah diformat dengan sengaja bahkan bisa memulihkan file pada windows setelah install ulang
- memulihkan file dari Hard Drives, Drive Thumb USB, Media Kamera Kartu, Floppy Disk, dan media penyimpanan lainnya.
Download Undelete Plus: http://undeleteplus.com/ (2,02 MB)
3.  Pandora Recovery 
Untuk menggunakan Pandora Recovery yang perlu diperhatikan adalah saat kita merestore kembali file-file yang terhapus ataupun hilang agar menempatkannya pada disk yang berbeda dengan disk yang kita pulihkan. Misal kita akan mengembalikan beberapa file dari disk D, maka file yang kita pulihkan lebih baik disimpan pada disk E. Namun sangat disarankan untuk dipulihkan pada portable memory seperti flashdisk, memory card, hardisk portable, dsb. Menurut situs pengembangnya hal ini dimaksudkan agar tidak menyebabkan hilangnya sebagian dari file yang kita hapus.
Download Pandora Recovery:
https://admin.pcpandoralive.com/bin/PandoraRecovery.exe (3,2 MB)
4.  Restoration 
Resoration jua mudah untuk digunakan dan software ini tidak memerlukan instalasi alias portable. Ukurannya juga lumayan kecil hanya 1,01 MB.
Download Restoration: http://www.snapfiles.com/get/restoration.html (1,01 MB)
Yang perlu diketahui adalah tidak semua file bisa kita kembalikan dengan software-software di atas. Dan langkah yang paling tepat untuk menggunakan software untuk mengembalikan data yang hilang atau terhapus adalah sesegera mungkin saat kita teringat ada file yang pernah kita hapus dari komputer kita, dalam artian file tersebut tidak terlalu lama terhapus
dan dibawah ini adalah software semacam lainya
  1. R-Studio. R-studio premium adalah software data recovery profesional untuk recovery data yang dijual dengan $ 79,99. Versi trial memungkinkan Anda merecovery file data kurang lebih 64KB. Mendukung FAT / NTFS (Windows), HFS / HFS + (Mac), UFS1/UFS2 & Ext2FS/3FS file sistem dan fungsi pada disk lokal dan jaringan, bahkan jika partisi diformat, rusak atau dihapus.
  2. Wondershare Data Recovery. Untuk menyebutkan penyelamatan data, Wondershare Data Recovery paling banyak digunakan, berjalan cepat dan beroperasi dengan mudah, terutama bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan komputer. Memiliki fungsi yang lengkap dan mendukung hampir 400 format file. Hanya membayar $ 39,95, Anda segera bisa mendapatkannya.
  3. Power Data Recovery. Power Data Recovery mudah digunakan dan termasuk software profesional. Sebagai contoh dapat memulihkan jika menghapus file yang salah, partisi terformat, sistem rusak, virusdan sebagainya. Power Data Recovery mendukung FAT12, FAT16, FAT32, VFAT, NTFS dan NTFS5 file sistem. Dijual di $ 79,99.
  4. iCare Undelete Free. iCare Undelete Free digunakan untuk memulihkan data terhapus tidak sengaja, dikosongkan dari daur ulang dan dihapus dengan langsung melalui perintah SHIFT + DELETE. iCare Undelete Free dapat berjalan di Windows Server 2008 2003, 2000, XP dan Vista sistem.
  5. Easeus Data Recovery Wizard. Software ini tidak hanya dapat secara efektif mengembalikan file yang terhapus dan partisi yang telah diformat, tetapi juga memulihkan data untuk kehilangan data dalam situasi yang berbeda. Mendukung FAT12, FAT16, FAT32 dan sistem file NTFS, dan juga mendukung jenis peralatan hardware seperti IDE / ATA, SATA, SCSI, disc, ZIP, dan seterusnya. Untuk format gambar yang umum, misalnya BMP, JPEG, GIF, PNG, Easeus Data Recovery Wizard menawarkan fungsi preview. Harganya $ 69,95.
  6. Recover My File. Recover My File spesialisasi dalam memulihkan dokumen teks, dokumen gambar, musik dan file video dan file zip yang dikompresi. Software ini mendukung format file berikut: mpegpdf, PMD, png, ppt, pst, pub, rar, rtf, SDR, tar, txt, tiff, viso, wav, WMF, wpd, xls, zdp, zip, asf, avi, bmp, csv doc, dbx, DWG, gif, gzip, html, jpeg, mdb, mov dan mp3. Jika file Anda. Gratis untuk dicoba, tetapi harganya $ 69,95 untuk untuk kepemilikan sepenuhnya.
  7. FreeUndelete. FreeUndelete adalah Windows data recovery software gratis untuk file tidak sengaja dihapus pada NTFS (digunakan secara default pada Windows XP/2000/NT) dan sistem file FAT32. Memiliki fungsi sederhana, dan hanya dapat memulihkan data yang terbuang dari recycle bin.

Cara menghilangkan virus 3gp mesum


Sudah banyak sekali kasus kejahatan di dunia internet, contohnya virus. Para pelaku memanfaatkan situasi dan kondisi, mengingat sekarang internet juga dijadikan ajang pornografi. Program jahat kali ini menggunakan iming – iming berupa rekaman adegan seks bintang layar kaca untuk menjebak para korbannya. Banyak nama – nama pesinetron yang menjadi korban dalam hal ini, seperti Chelsea Olivia, Agnes Monica, BCL, Cinta Laura, dan lain lain. Nama tersebut dikombinasikan dengan kalimat – kalimat yang tentunya menarik para pengguna internet, seperti bercinta, telanjang, gak pakai baju, atau dan lain lain.
Program jahat berbentuk virus diketahui bernama W32/Autorun.AXLB. Virus itu diketahui dapat menyebar melalui media USB flashdisk, hardisk eksternal atau melalui removable drive lainnya. Selain itu, virus yang juga dijuliki oleh Vaksincom sebagai virus Cinta Laura itu juga mengeksploitasi dan memanfaatkan drive dan folder yang di-share di os Windows XP.
Adi Saputra, selaku analis antivirus dari vaksincom memaparkan bahwa ada langkah – langkah tuntas untuk mengatasi virus tersebut :
  1.  Pertama, kita harus memutuskan hubungan komputer yang nantinya akan dibersihkan secara intensif dari jaringan.
  2.  Lalu nonaktifkan “System Restore” pada komputer selama masa atau proses pembersihan virus.
  3. Matikan proses – proses virus yang aktif pada memory. Gunakanlah tools sebagai pengganti task manager, seperti IceSword, tools – tools lain yang sekiranya tidak di blok oleh virus ini.
  4. Lakukan terminate process kepada file virus yang masih aktif, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:
  • Coba kita cari proses yang sedang berjalan dengan nama proses NTDETECT.EXE.
  • Klik kanan pada file NTDETECT.EXE, pilih “Terminate Process”.
5. Hapus string registri yang telah dibuat oleh virus tersebut. Dalam hal ini, kita menggunakan tools bernama IceSword, karena worm dari virus telah mendisable fungsi – fungsi repair / perbaikan melalui script registry. Nah, berikut langkah – langkah yang harus dilakukan :

Explore file “compress IceSword” yang sudah kita download atau kita dapat extract terlebih dulu, lalu kemudian jalankan atau klik 2x file “IceSword.exe”.
Pada tab [Registry], coba kita hapus string berikut :
KEY_LOCAL_MACHINE \SOFTWARE \Microsoft \Windows \CurrentVersion\ Run
Dan pada jendela sebelah kanan, kita hapus value “Windows”.
Pada tab [Registry], kita rubah string ini :
HKEY_LOCAL_MACHINE\ SOFTWARE \Classes\batfile\shell \Open\command
Lalu selanjutnya pada jendela sebelah kanan, kita rubah value “(Default)” menjadi “”%1”%*” HKEY_LOCAL_MACHINE\ SOFTWARE\Classes\cmdfile\shell\Open\command
Pada jendela sebelah kanan, kita rubah value “(Default)” menjadi “”%1”%*”
HKEY_LOCAL_MACHINE\ SOFTWARE\Classes \htmlfile\ shell\Open\command
Pada jendela sebelah kanan, kita rubah value “(Default)” menjadi “”C:\Program Files\Internet Explorer\ iexplore. exe ” -nohome ”
HKEY_LOCAL_MACHINE\ SOFTWARE\Classes\inffile\shell\Open\command
Lalu Pada jendela sebelah kanan, kita rubah value “(Default)” menjadi “%SystemRoot%\System32\rundll32.exe”
HKEY_LOCAL_MACHINE\ SOFTWARE\Classes\regfile\shell\Open\command
Lagi, pada jendela sebelah kanan, rubah saja value “(Default)” jadi “regedit.exe “%1″”
HKEY_LOCAL_MACHINE\ SOFTWARE \Classes\txtfile\shell\Open\command
Terakhir, pada jendela sebelah kanan, kita rubah value “(Default)” menjadi “%SystemRoot%\ System32 \  NOTEPAD.EXE%1 ”
Untuk melihat hasil dan efek perubahan, sebaiknya kita logoff / restart pc kita.

Oh iya, jangan lupa papus file virus yang punya ciri – ciri ber-icon “3GP”, memiliki extension *.exe, dan berukuran 37 kb

Catatan :
Sebaiknya buka pengaturan filder, lalu tampilkan file yang tersembunyi / hidden files agar mempermudah dalam melakukan proses pencarian file virus.
Agar mempermudah proses pencarian sebaiknya kita gunakan “Search Windows” dengan coba masukkan filter file *.exe yang mempunyai ukuran maks sebesar 37 KB.
Hapus semua file virus yang biasanya dengan date modified yang sama satu sama lain.

7. Untuk pembersihan secara optimal dan mencegah terjadinya infeksi ulang, sebaiknya kita menggunakan Norman Security Suite atau kita gunakan antivirus yang ter-update, selain itu kita harus belajar mengenali virus ini baik secara ciri – ciri dan aktivitas dengan baik.
Demikian cara troubleshooting mengatasi virus 3gp yang sudah marak sekarang. Tetapi biasanya komputer yg terinfeksi pernah dipakai buat yg aneh2 nih #kaburr…

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak Dengan Aplikasi/Software


Flash Disk
Flash Disk
Sobat kompinia pasti punya Flash Disk kan? Kalo misal lagi gak punya yg penting pernah punya :P . Flashdisk merupakan alat penyimpan data yang sangat populer, selain harganya yang sangat terjangkau, flashdisk ini sangat ringan dan simple untuk dibawa kemana saja.
Mungkin sobat kompinia terkadang menganggap suatu flashdisk sudah rusak atau tidak bisa di pakai lagi, misal seperti kondisi di bawah ini :
  1. Ketika flashdisk di tancapkan, lampu lead di flashdisk menyala terus menerus tidak berkedip.
  2. Saat di explorer, flashdisk terdeteksi tapi saat di klik muncul pemberitahuan “insert your device…” otomatis kita kan tidak bisa membuka flashdisknya.
  3. Di format juga tidak bisa.
Jika sobat kompinia mengalami hal seperti di atas, jangan keburu dibuang dulu flashdisknya yaa, Cobalah terlebih dahulu untuk Memperbaiki flashdisk dengan bantuan tools repair flashdisk. siapa tahu bisa normal kembali kan….???
Nah cara ini adalah melakukan low level format USB Flashdisk sekaligus memflash atau melakukan program ulang terhadap IC Controller Flashdisk. Namun, Anda harus melakukan pembongkaran casing flashdisk untuk melihat type dari IC controler dari flashdisk Anda. Dalam kasus ini misal IC Controllernya adalah ALCOR-AU6986. Maka carilah di google software tools reprogram untuk IC tersebut seperti softwareAlcorMP_UFD untuk IC ALCOR-AU6986. 
Nah inilah step by step yang harus Anda lakukan menggunakan software bernama AlcorMP_UFD. Tools ini bisa digunakan untuk memperbaiki flashdisk bermasalah kita (pastikan Anda telah mendownload program AlcorMP_UFD untuk IC ALCOR-AU6986 disini atau disini
  • Ekstrak file yang telah kita download tadi.
  • Jalankanlah file ALCORMP.EXE dengan cara klik dua kali.
  • Pilihlah menu setup, apabila keluar jendela password klik OK saja,
  • Gantilah Scan Mode menjadi Low Level Format.
  • Kemudian klik Start(A) untuk memulai prosesnya, dan tunggulah sampai proses selesai.
  • Setelah berhasil format ulang sekali lagi Flashdisk Anda menggunakan fasilitas Format bawaan Windows.
  • Nah, flashdisk siap digunakan lagi
Tapi jika dengan cara diatas masih belum bisa juga coba setinganya asal diatur aja, kalau masih gak bisa ya takdir gan, hehe…

8 Penyebab Utama Komputer Lambat dan Cara Mengatasinya

komputer lambat
Ketika baru dibeli, baru install ulang, komputer Anda lancar jaya. Semua perintah hampir bisa dijalankan dalam waktu kurang dari 5 detik. Namun makin lama komputer Anda makin lambat. Sebaik apapun Anda menggunakan komputer, suatu saat pasti komputer Anda melambat. Berikut ini adalah penyebab komputer lambat dan cara mengatasinya.

1. Start up yang berlebihan

Awalnya komputer dapat siap digunakan dalam beberapa detik saja. Proses booting-nya cepat. Namun di kemudian hari, dari menekan tombol power sampai masuk ke desktop memerlukan waktu yang lebih lama, dan makin lama. Hal ini disebabkan oleh program startup yang berlebihan jumlahnya. Komputer harus menjalankan semua aplikasi tersebut sebelum siap digunakan.
AtasiMatikan program startup yang tidak penting. Anda dapat melakukannya melalui msconfig atau Tune Up Startup Manager. Anda tidak butuh Winamp Agent dijalankan setiap kali start up bukan?

2. Terlalu banyak temporary files

Setiap kali Anda membuka halaman web, menjalankan aplikasi, dan kegiatan lainnya, komputer akan membuat file-file temporer (temporary file). File-file ini dibuat dengan tujuan untuk mempercepat jalannya kegiatan yang sama. File-file ini makin lama makin banyak makin membutuhkan ruang hard drive yang lebih besar. Lagipula file ini berada di drive tempat sistem operasi (C). Akibatnya komputer makin melambat.
AtasiJalankan Windows Disk Cleanup. Akses melalui menu Accessories.

3. Hard disk terfragmentasi

Ketika sistem menyimpan file, file tersebut akan dipecah dan ditempatkan dibagian mana saja yang kosong. Ketika sistem membutuhkan file tersebut, bisa saja sistem tidak dapat menemukan suatu file dalam bagian yang berdekatan. Akibatnya sistem harus mencarinya di bagian-bagian yang berjauhan dan memerlukan waktu yang lama. Akibatnya, komputer lambat.

4. Uninstall yang kurang bersih

Ketika Anda melakukan uninstall, bisa saja masih tersisa file-file dari aplikasi yang Anda uninstall. File-file ini bisa berupa informasi registrasi aplikasi, save games, screenshots, dll.
AtasiLakukan uninstall dengan benar. Jangan hanya menghapus folder aplikasi tersebut. Tapi lakukan uninstall lewat uninstall.exe aplikasi tersebut, atau lewat Control Panel. Jangan lupa periksa apakah ada file-file tersisa lainnya setelah proses uninstall. Bila perlu gunakan aplikasi uninstaller pihak ketiga.

5. Operating System (OS) Drive terlalu penuh

Operating System (misal: XP, Vista, 7) biasanya terletak di drive C. Jika drive C ini terlalu penuh, maka dipastikan akan mengganggu kinerja OS. Akibatnya apalagi kalau bukan komputer lambat.
Atasi: Jika Anda memiliki beberapa drive (misal: C, D, E), jangan simpan data Anda pada drive C. Simpanlah pada drive lainnya (D atau E).

6. Antivirus

Beberapa antivirus memiliki kemampuan yang sangat hebat. Karena saking hebatnya, kinerja antivirus ini memberatkan sistem komputer Anda. Misalnya, ada antivirus yang terus menerus melakukan scanning sepanjang komputer menyala. Akibatnya, tentu saja proses komputer jadi lambat.
Atasipilih antivirus yang sesuai dengan kemampuan komputer. Jangan terlalu memaksa. Kaspersky Internet Security 2012 yang terinstall pada komputer pentium 4 tentunya akan sangat memberatkan sistem.

7. Virus dan program jahat lainnya

Virus komputer bisa menyusup ke sistem komputer dan bekerja sepanjang komputer menyala. Ada juga yang diam-diam terus menerus mendownload sesuatu dari internet. Ada juga yang terus menerus menggandakan dirinya. Apa pun cara kerja virus, yang jelas akan mengakibatkan komputer jadi lambat.
Atasi: gunakan antivirus terpercaya untuk menghapus virus dan program-program jahat ini.

8. Termakan usia

Setiap barang pasti memiliki umur pakai. Demikian pula dengan komputer. Komponen komputer yang sudah beberapa tahun digunakan pastinya sudah tidak dalam kondisi prima lagi. Misalnya saja hard driveharddiskdi dalamnya bisa saja sudah tergores sehingga data yang ada didalamnya susah dibaca sistem.
Atasi: tidak bisa diatasi. Anda bisa melawan waktu?
Itulah beberapa penyebab komputer lambat dan bagaimana cara mengatasinya. Beberapa poin di atas merupakan perawatan komputer yang sebaiknya rutin Anda lakukan. Anda punya saran lain tentang mengatasi komputer lambat? Ceritakanlah.

Cara Format Harddisk (Panduan Lengkap)


Komputer Anda sudah tidak bisa diharapkan lagi. Sangat lambat. Apapun yang Anda lakukan untuk mengatasi masalah komputer tidak berhasil. Anda pun berpikir, mungkin satu-satunya cara adalah melakukan format harddisk. Dengan format ulang, virus ataupun gangguan lainnya akan hilang. Lalu bagaimana cara format harddisk? Baca terus artikel ini.

Penting sebelum format harddisk!

Karena format harddisk adalah jalan terakhir yang harus Anda lakukan, maka sebaiknya Anda backup dulu data-data pribadi Anda ke media penyimpanan eksternal. Bagaimana cara melakukan backup? Mudah saja koq. Cukup copy paste saja. Bahasa simpelnya, menyalin data. ;)
Sekali lagi,…. Pastikan semua data penting Anda sudah dibackup. Jika sudah, ikuti panduan berikut ini.

Cara format harddisk non OS (hanya berisi data pribadi)

Berikut ini adalah cara format harddisk atau drive yang tidak berisi sistem operasi.
  • Buka Windows Explorer (Cara cepat: tekan tombol windows+E)
  • Klik kanan drive yang ingin Anda format.
  • Pilih “Format”
cara format harddisk
  • Akan muncul jendela dialog format drive. Sebaiknya biarkan saja setting (pengaturan) yang sudah ada. Tidak perlu mengubah-ubahnya.
cara format harddisk
  • Klik “Start” dan biarkan proses format berjalan.
  • Setelah selesai klik “Close”.

Penjelasan setting format

Pada gambar di atas ada beberapa setting format harddisk. Berikut adalah penjelasan setting tersebut.
Capacity
Ini menjelaskan kapasitas drive yang akan Anda format
File system
Menjelaskan sistem apa yang ingin Anda pilih untuk drive tersebut. Apa beda antara NTFS dan FAT? Lihat tabel berikut ini.
perbedaan ntfs dan fat
Allocation unit size
Berikut petikan yang saya dapatkan dari forum Windows 7:
Allocation unit size is the smallest amount of disk space that can be allocated to hold a file. Also called cluster size. To explain, if the file is 1k in size and the cluster size is 4k, the 1k file will still be allocated 4k. So the larger the cluster size, theoretically more the space wasted. As for your question, just choose the default allocation size, let windows worry about it.
Kira-kira terjemahan bebasnya seperti ini:
Allocation unit size adalah bagian terkecil dari sebuah harddisk yang digunakan untuk menyimpan file. Nama lainnya adalah cluster size. Jika sebuah file berukuran 1k dan cluster size berukuran 4k, maka file tersebut akan tetap dianggap berukuran 4k.
Dengan demikian semakin besar cluster size maka akan makin banyak ruang yang terbuang.
Bagaimana? Anda bisa memahaminya? Jika belum jelas, silakan bertanya di kotak komentar. Nanti saya ganti penjelasan tentang cluster size ini. ;)
Volume label
Ini nama yang akan Anda gunakan untuk drive tersebut. Boleh Anda isi bebas. Misal drive untuk dokumen, maka namai saja “Document”.
Quick Format
Apa bedanya jika tidak dicentang?
Jika Anda tidak memilih quick format maka komputer akan melakukan standard format. Proses ini akan menganalisa seluruh sektor harddisk Anda. Selain itu file-file yang dihapus dalam proses standard format ini tidak bisa dikembalikan lagi oleh software-software recovery.
Jika Anda memilih quick format? Tentunya kebalikan dari penjelasan di atas. Komputer tidak akan melakukan analisa secara keseluruhan dan file-file yang terhapus dapat dikembalikan lagi. Waktu yang diperlukan untuk quick format juga lebih cepat.

Cara format harddisk (OS drive)

Jika Anda ingin melakukan format ulang pada harddisk yang berisi sistem operasi, maka Anda harus melakukan install ulang sistem operasi.